// Secret Base
// Secret Base
about link home follow
Friday, September 2, 2011 | 2:40 PM | 2 comment(s)

Halooo, kali ini aku mau ngebahas anime dong :3 aku tuh aneh yaa, pengennya di blog-ku banyak anime, tapi malah ga ada satu pun =_= baiklaaah, kali ini kita mulai dari anime yang berjudul: K-ON!

K-ON! berawal dari serial komik bergaya comic strip yang dibuat oleh kakifly. K-ON! sudah sampai season ke-2nya yaitu K-ON!! dengan dua tanda seru dan season 3 dengan tiga tanda seru :D

Jalan Cerita (Daftar Episode K-ON! season 1)

K-ON! mengisahkan kehidupan 4 (menjadi 5) anak SMA yang cinta akan musik dan memiliki berbagai kisah seru setiap harinya. Meski kegiatan klub K-ON! (ind: klub musik ringan) setiap harinya kebanyakan habis hanya untuk acara minum teh dan makan kue yang dibawa oleh Mugi, tapi klub ini sangat menyenangkan.

Episode 1: Klub K-ON! dibentuk oleh Tainaka Ritsu bersama sahabatnya sejak kecil Akiyama Mio di hari pertama mereka masuk SMA. Sayangnya, untuk membentuk sebuah klub, dibutuhkan anggota minimal 4 orang. Ditambah Kotobuki Tsumugi yang tertarik melihat latihan Ritsu (drum) dan Mio (bass) sebagai pemain keyboard, K-ON! hanya butuh 1 anggota lagi. Tapi, seminggu berlalu dan belum ada anggota baru untuk klub mereka.

(brosur Mugi yang ditempel di papan :D)

Adalah Hirasawa Yui, tokoh utama serial anime ini yang ceroboh, tak sengaja melihat brosur untuk klub K-On! Yui berpikir, K-On! (singkatan dari “karuiongaku” / “music ringan”) adalah klub yang memainkan musik yang sederhana (seperti kastanyet, misalnya) tanpa ragu, ia pun mendaftar ke klub K-ON! Sahabatnya: Manabe Nodoka pun ikut mendukungnya dan berharap Yui bisa menjadi lebih dewasa dengan bergabung ke suatu klub.

Ritsu, Mio, dan Tsumugi berpikir bahwa Yui bisa bermain gitar, karena yang mereka butuhkan adalah seorang gitaris. Yui pun akhirnya mengakui bahwa ia hanya bisa bermain kastanyet ._. Tapi karena Yui juga tertarik untuk belajar gitar, klub K-On! memutuskan, pertama2 ia harus memiiki gitar.

Episode 2: Yui dan anggota klub K-On bersama-sama pergi ke toko alat music: 10GIA. Di sana, Yui langsung tertarik pada satu gitar berwarna merah-oranye-coklat: Gibson Les Paul,seharga ¥250.000! Karena uang yang Yui hanya ¥50,000 dan Yui sangat ingin memiliki gitar itu, maka teman-temannya membantunya dengan cara: kerja paruh waktu menghitung mobil yang melewati suatu jalan.

(too many choices)

Setelah beberapa hari mereka bekerja, uang yang klub K-on! kumpulkan masih belum cukup untuk membeli gitar tersebut, dan Yui meminta mereka menyimpan uangnya untuk diri mereka masing-masing. Tapi ketika kembali ke toko musik itu, Yui masih juga tertarik pada Gibson Les Paul. Akhirnya, Tsumugi menawar kepada si pemilik toko, dan gitar itu bisa terbeli dengan ¥50,000! Ternyata toko musik itu masih milik perusahaan ayahnya :o

Episode 3: Yui harus giat belajar untuk ujian perbaikan, karena pada ujian pertama nilainya jelek sekali. Dan jika ia gagal lagi di ujian perbaikan, maka ia tidak diperbolehkan untuk bergabung dengan klub di SMA Sakura. Tapi, semenjak ada Gita (nama yang diberikan Yui untuk gitarnya), Yui semakin tidak fokus belajar. Perhatiannya selalu teralih ke gitarnya, dan ia pun malah belajar memainkan chord gitar.

Selama 3 hari, Yui tidak mengikuti kegiatan klub untuk memusatkan perhatiannya pada pelajaran. Sehari sebelum ujian perbaikan dimulai, Yui menyerah dan minta bantuan Mio, Ritsu dan Mugi untuk mempelajari bahan ujian. Ui pun ikut sibuk menyiapkan makanan :D Untunglah Yui bisa melewati ujian perbaikan itu dengan nilai sempurna! Tapi.. ia lupa lagi bagaimana cara memainkan gitar!



Episode 4: Diawali pikiran Mio bahwa klub K-On! tidak fokus dengan kegiatan ‘musik’ mereka, Mio mengajak mereka untuk mengadakan training camp, yang bertempat di salah satu villa keluarga Kotobuki di pinggir pantai. Mugi yang belum pernah pergi menginap bersama teman-temannya merasa sangat senang :3 Sayangnya, sesampai di villa, Ricchan *panggilan Yui untuk Ritsu* malah asyik bermain dengan Yui. Ketika Mio mengajak latihan, mereka berdua malah kelelahan.

Episode 5: Untuk mengikuti festival sekolah, sebuah klub harus memiliki seorang pembimbing/Pembina. Klub K-ON! yg tidak memiliki Pembina pun mencari guru yang tepat untuk menjadi Pembina mereka. Akhirnya terpilihlah Sawako-sensei *yang kemudian dipanggil Sawa-chan* yang mengetahui banyak hal tentang gitar.

Saat sedang melihat2 album klub musik terdahulu, Yui melihat foto seorang wanita rocker yang tampak menyeramkan yang ternyata adalah Sawako-sensei! Sawako pun menceritakan awal mula ia memasuki dunia music dan menjadi gitaris sekaligus voklais di band Death Devil bergenre death metal yang dikarenakan cowok yang ia sukai menyukai cewek yang lebih liar daripada Sawako-sensei yang saat itu merupakan gadis yg lembut.

(Sawako di Death Devil wakaka)

Di episode ini, Mio menulis lagu berjudul Fuwa-Fuwa Time /‘Fluffy Time’ yang walaupun liriknya agak aneh, tapi akhirnya disetujui oleh para anggota K-On! untuk penampilan mereka di festival sekolah. Karena Mio terlalu malu untuk menjadi seorang vokalis, Yui pun menyanggupinya.

Episode 6: Sebentar lagi akan ada festival sekolah! Diawali dengan Ritsu yang lupa mengisi formulir dan mengembalikannya pada Nodoka yang menjadi pengurus OSIS, klub K-On! mulai rajin berlatih agar bisa tampil sebaik-baiknya. Yui yang kemampuannya belum terasah dengan baik diajari oleh Sawako-sensei dan kembali dengan permainan gitar yg benar-benar keren xd Namun karena berlatih terlalu keras, suara Yui menjadi serak.

Akhirnya di festival sekolah, Mio menjadi vokalis dengan suara serak Yui sebagai back vocalnya. Di saat terakhir, Mio tak sengaja tersandung kabel dan rok kostumnya tersingkap! Mio amat trauma dengan peristiwa itu, tetapi sejak itu diam2 terbentuk fan club Mio Akiyama.

Episode 7: Ui Hirasawa, adik Yui, ingat akan kenangan di mana Yui menaburkan kapas putih di sekitar halaman rumah untuk memberikan white Christmas padanya..

(waktu kecil dan saat ini :D)

Ritsu berencana mengadakan pesta Natal klub, yang bertempat di rumah Yui karena orangtuanya sedang pergi. Nodoka juga diundang. Ui menyiapkan segala keperluan pesta dengan baik, dan Yui ikut membantu meletakkan buah2an di atas kue.

Saat pesta berlangsung, tiba-tiba Sawako-sensei muncul entah darimana. Ia langsung memakaikan kostum Santa Claus pada Yui dan Mio. Acara berlanjut dengan pertukaran kado. Mio yang takut dengan hal-hal seram malah mendapat CD (atau buku ya?) bertema monster dan hantu.Sementara itu, Ui mendapat kado dari Yui dan Yui mendapat kado dari Ui! Mereka berdua mendapat syal dan/ sarung tangan yang mereka inginkan.

Esoknya, klub K-On! pergi ke kuil untuk merayakan tahun baru dan menyampaikan permohonan. Yui yang selalu memikirkan makanan berharap agar nantinya akan ada kue-kue yang lebih enak lagi-_-


Episode 8: Ui akhirnya menjadi siswi SMA dan masuk ke SMA Sakura – SMA yang sama dengan Yui. Sementaraitu, Sawako menganjurkan kostum binatang pada klub K-on! untuk menarik perhatian para siswa baru sekaligus menemukan anggota baru. Ui dan sahabatnya; Jun Suzuki mengunjungi klub K-On! untuk melihat keadaan. Tapi Jun tampaknya tidak mendapat kesan yang baik terhadap klub K-On! sehingga dia memutuskan untuk bergabung dengan klub jazz.

Anggota K-On! sendiri sudah naik ke kelas 2 SMA. Ritsu, Mugi dan Yui masuk ke kelas 2-2 sedangkan Mio sekelas dengan Nodoka di kelas 2-1

Dalam rangka penyambutan siswa baru, SMA Sakura mengadakan acara penampilan klub. Kali ini, karena suara Yui sudah kembali membaik, maka ia yang menjadi vokalis utamanya. Tapi saat penampilan, Yui malah lupa liriknya karena kebanyakan bicara sebagai MC. Untunglah Mio berhasil mengalahkan rasa malunya dan memulai lagu, menggantikan Yui :)

Ohya, Ui juga mengajak seorang teman sekelasnya: Nakano Azusa, untuk menyaksikan penampilan K-on! dan tampaknya, Azusa amat tertarik!


Episode 9: Saat menungguanggota baru, Azusa muncul dan resmi menjadi anggota baru di klub K-On! tapidia terkejut melihat kegiatan klub yang hanya minum teh dan makan kue. Azusayang berteriak kepada mereka untuk meminta latihan dimulai, ditenangkan Yuidengan kue dan teh Mugi.

Hari itu,Sawa-chan juga membawa bando kucing, dan ketika memasangkannya pada Azusa, iatampak pantas sekali, sehingga Yui membuat panggilan baru untuknya: Azunyan~

Melihat Azusa yang tidak suka dengan kegiatan klub yang hanya santai-santai seperti itu, Mio pun mengajak mereka berlatih, tapi mereka malah bermalas-malasan. Ohya ngomong-ngomong, Azusa berperan sebagai gitaris, dan ketika diminta menunjukkan kemampuannya, ternyata Azusa lebih jago daripada Yui (LOL)

Karena Azusa semakin kesal dengan ketidakseriusan klub K-On! Mio meyakinkan Azusa, mengatakan bahwa meski tindakan klub K-On! tidak begitu serius, tapi Mio tetap berada di klub itu karena ia senang dan merasa nyaman di sana. Azunyan pun mulai memahaminya.

Episode 10: Ui dan Azusa makan bersama di sebuah restoran cepat saji dan Azusa menyampaikan kekecewaannya terhadap klub K-On! Ternyata percakapan mereka didengar Ritsu, karena itu diadakanlah training camp lanjutan untuk membuat Azusa lebih mengenal klub K-On!

Kelima siswi SMA itu pun menginap di villa Tsumugi yang lebih besar dari yang kemarin. Di sana, hanya Mio dan Azusa yang berniat berlatih, karena itu semuanya pun pergi ke pantai. Azusa tampaknya senang sampai-sampai kulitnya terbakar matahari. Setelah bermain kembang api, Ritsu mengusulkan uji nyali dan ketika giliran Azusa dan Mio, Sawako tiba2 muncul dan mengagetkan mereka.

Tengah malam, Azusa terbangun dan melihat Yui berlatih gitar sendirian. Pulang dari training camp, Azusa yang kembali berjalan-jalan dengan Ui mengatakan bahwa ia senang akan latihan kemarin, meski mereka tidak banyak berlatih.

Episode 11: Lagi-lagi Ritsu harus diingatkan Nodoka untuk mengembalikan formulir agar dapat menggunakan panggung. Saat mengisi formulir bersama-sama, mereka sadar bahwa band mereka belum diberi nama. Masing-masing dari mereka mulai mengusulkan nama untuk band mereka. Sementara itu, Azusa melihat bahwa senar gitar Yui mulai berkarat karena Yui tidak merawatnya. Karena itu, anggota klub K-On! memutuskan untuk pergi ke 10GIA, toko alat musik tempat Yui membeli gitar.
Di sana, Mio sangat tertarik dengan gitar untuk orang kidal yang langka (Mio kan kidal :D) Setelah melakukan penggantian senar, saatnya membayar biaya perawatan, tapi Yui tidak membawa uang. Untunglah ada Mugi – seperti kejadian saat membeli gitar, kali ini biaya perawatan digratiskan.

Di lain waktu, Ritsu mulai cemburu dengan keakraban Mio dan Nodoka. Ritsu juga terserang demam tiba-tiba dan Mio pun menjenguknya bersama anggota klub yang lain. Hanya dengan mendengar suara langkah kaki, Ritsu tahu bahwa yang datang adalah Mio.

Esoknya Ritsu kembali ke sekolah, tapi masih juga belum menyerahkan formulir peminjaman panggung. Dibantu Nodoka, anggota klub meminta maaf pada ketua OSIS. Nama band mereka ditetapkan oleh Sawa-chan: Hokago Tea Time.

Episode 12: Yui terserang demam karena terlalu lama mengenakan yukata pendek, karena itu ia harus istirahat di rumah. Tetapi saat sedang melatih Azusa sebagai lead guitarist untuk berjaga-jaga, Yui muncul dan mereka pun berlatih bersama-sama. Tak disangka, permainan gitar Yui sangat bagus dan terlalu sempurna.

Tetapi ia memanggil Mugi dan Ritsu dengan sebutan *-san. Dan ketika Azusa bertanya, apa panggilan Yui untuknya, Yui menjawab: Azusaniko (Azusa #2). Terbongkarlah samaran Ui untuk menggantikan kakaknya. Yui yang asli muncul tapi masih dalam keadaan sakit. Mio memintanya tetap beristirahat di rumah sampai ia sembuh.

Yui sembuh tepat pada hari pertunjukkan. Sesampainya di sekolah, Yui sadar bahwa pikiran ‘gitarnya yg dibawa Ui ada di ruang klub’ salah. Gitar itu ada di rumahnya! Dengan terburu-buru ia kembali ke rumah lalu ke sekolah, dan ingat akan hari pertamanya ke SMA Sakura. Sementara Yui mengambil gitarnya, Sawa-chan lah yang menggantikan posisi Yui. Untunglah Yui masih sempat tampil dan bermain di lagu ke2.

Episode 13: Episode ini memusatkan kisahnya pada kegiatan masing-masing anggota klub di musim dingin.. Awalnya, Yui mengajak teman-temannya untuk makan nabe bersam adi rumahnya. Tapi semua orang ternyata sedang sibuk. Mio pergi ke pantai sendirian untuk mencari inspirasi menulis lagu baru, Ritsu pergi menonton bersama adik laki-lakinya, Azusa menjaga kucing yang dititipkan oleh Jun, dan Mugi bekerja part time di restoran cepat saji yang sering muncul di anime ini.

Meski Mugi dan Azusa sempat emngalami patah semangatm, pada akhirnya, SMS dari Yui membawa mereka berkumpul di restoran burger tempat Mugi bekerja part time.


Episode 14 (OVA): Ritsu diundang teman SMPnya (teman SMP Mio juga): Maki untuk ikut manggung di live house(rumah konser) pada malam tahun baru. Awalnya Mio dan Azusa tidak tertarik, tapi Mugi bilang bahwa ini kesempatan yang langka, dan kesempatan mereka main bersama di tahun baru.

Ketika mendaftar dan mendengar bahwa nama band Maki adalah Love Crisis, mereka merasa nama Ho-kago Tea Time terlalu lembut, tetapi nama itu dipuji oleh kakak pengurus Live House. Meski Sawako memiliki beragam kostum untuk manggung, Mio memutuskan bahwa mengenakan seragam adalah yang paling baik.

Setelah memberi undangan pada Nodoka, Ui dan Jun, K-ON! kembali ke Live house.
Di sana, mereka berkenalan dengan anggota band yang ikut manggung hari itu. Ada Aya – dari Love Crisis – basis penggemar Mio hahaha. Ketika ditunjukkan album Love Crisis, Yui mengajukan usul membuat logo. Ia pun menggambar logo pemandian air panas (onsen), dan ditambah usul lengkungan dari Mugi, jadilah logo sebuah gelas berisi teh hangat! *seperti logo Java =_=

Selanjutnya, mereka diminta mengisi formulir seperti pengaturan cahaya, efek pengeras suara dan lainnya. Karena bingung, Yui diutus untuk menanyakan mengenai hal tersebut pada band lainnya, dan Yui bertanya pada band yang anggotanya terlihat paling menyeramkan XD
Saat latihan di panggung live house, mereka amat kacau. Yui terbentur mic dan Mio tersandung kabel karena mengkhawatirkan Yui. Tampaknya mereka begitu gugup.

Sebelum tampil, mereka melakuka kebiasaan mereka: minum teh, bersama band-band yang lain. Akhirnya, mereka tampil di urutan kedua dengan sukses. Sawa-chan yang menonton bertemu teman satu bandnya: si kakak pengurus live house yang ternyata bernama Janice. Sawa-chan sendiri menggunakan nama panggung Catherine!
Sepulang manggung, mereka bersama-sama menginap di rumah Yui. Hanya Ritsu dan Mio yang bertahan menyaksikan pergantian tahun, sementara Yui membangunkan mereka esok harinya, untuk menyaksikan matahari terbit.

Naaah~ sekian kisah K-ON! di season 1 :D Capek juga yaa hmm.. sampe ketemu di season 2 !!

Labels: , ,